Keamanan data pada jaringan



Keamanan data pada jaringan
Hay sahabat blogger semua ? kali ini saya akan menjelaskan tentang Keamanan Data pada Jaringan
Ehmm, Komputer yang terhubung dengan sebuah jaringan Internet, akan rawan terhadap penyusupan atau kejahatan dari luar. Jika seseorang bisa menyusup ke sebuah komputer, maka orang tersebut dapat dengan mudahnya mengambil data-data yang tersimpan pada komputer tersebut dan menggunakannya untuk keuntungan pribadi.

Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan komputer, yaitu Hacking dan cracking.
Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal.
Sedangkan cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut hacker sedangkan pelaku cracking disebut cracker.

 Beberapa metode yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain :

1.              Spoofing  merupakan salah satu bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker dapat login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal. Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker dapat login seolah-seolah sebagai user yang asli.

2.              Scanner merupakan salah satu bentuk penyusupan dengan menggunakan sebuah program yang secara otomatis mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain.

3.              Sniffer merupakan metode dengan cara menganalisis dan memonitor jaringan komputer . program ini mengatur kartu jaringan (LAN Card) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan, tanpa memperdulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.

4.              Password cracker merupakan metode yang dilakukan cara membuka password yang sudah dienkripsi (dikodekan). Selain itu, ada juag password Cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan sistem keamanan password.

5.              Destructive device merupakan metode berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Untuk menjaga keamanan data pada saat dikirim dan disimpan dalam jaringan komputer, maka dibutuhkan teknik atau cara untuk mengamankan data-data tersebut. Teknik pengamanan data yang ada saat ini, antara lain :

1)              Enkripsi
Enkripsi adalah sebuah proses yang melakukan perubahan sebuah kode dari yang bisa dimengerti menjadi sebuah kode yang tidak bisa dimengerti (tidak terbaca). Enkripsi juga dapat diartikan sebagai kode atau Chipper.

2)              Firewall
Firewall merupakan program yang dipasang pada jaringan untuk memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Firewall bekerja menggunakan filter dan Proxy. Filter digunakan untuk menyaring komunikasi agar hanya aplikasi tertentu saja yang dapat lewat, dan hanya komputer yang memiliki identitas tertentu saja yang dapat berhubungan. Sedangkan Proxy untuk memberi izin ke pengguna dari dalam untuk mengkases internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.

3)              Kriptografi
Kriptografi adalah seni menyandikan data. Ada dua proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu proses enkripsi dan dekripsi. Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi. Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data asli.

4)              Secure Socket Layer (SSL)
Secure Socket Layer adalah suatu bentuk penyandian data .sehingga informasi rahasia seperti nomor kartu kredit atau kontrol autentikasinya tidak dapat dibaca atau diakses oleh pihak lain. Selain pemiliknya dan Server (pemilik Servis).

5)              Pretty Good Privacy (PGP)
Pretty Good Privacy adalah salah satu algoritma keamanan komunikasi data melalui Internet untuk komunikasi harian semacam Electonic Mail. PGP merupakan gabungan antara sistem pembuatan Digest, enkripsi simetris, dan asimetris.

6)              Sniffer Packet
Sniffer Packet yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer merupakan sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Sniffer paket dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan pada jaringan komputer, mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Inyudion), memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi tertentu, memata-matai penggunaan jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimiliknya (misal Password), serta dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.
Sekian dari informasi saya, yang mengenai keamanan data pada jaringan
Semoga data-data anda aman. Hehe..



Tag: Cara Mematikan Klik Kanan Pada Blog, trik melindungi artikel,
        Cara mengatasi Copy+Paste, atasi COPAS, trik blogger, komputer,
        Tapis, internet, photoshop, Punagah, putugagah, Putu Nak Gagah, lain-lain, memasang efek daun berjatuhan di blog, Cara Membuat Judul Blog Bergerak, Cara Membuat Menu Horizontal Alternatif, Cara mendatangkan trafik pengunjung blog dari Lintas berita, Cara Pasang Fasilitas Chat Di Blog, CARA PASANG GOOGLE TALK DI BLOG, Menggunakan keyword untuk memperindeks blog di google, Rahasia Supaya Artikel Cepat Di Indeks oleh Yahoo, Tips menampilkan judul postingan saja, Cara Memasang Chat Box Facebook  di Blog, cara memasang user Online status, Cara Mematikan Klik Kanan Pada Blog, Sejarah Menara Eiffel, definition text procedure, meningkatkan keamanan komputer, selayang pandang jaringan komputer, syarat berdirinya suatu negara, mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif, Mengkritik dan memuji berbagai karya, Keamanan data pada jaringan, dll.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



1 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger