Manfaat Internet


Manfaat Internet
Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Satu hal yang paling menarik dari keanggotaan internet adalah tidak mengenal batas Negara, ras, kelas ekonomi, ideology atau factor-faktor lain yang biasanya menghambat pertukaran pikiran. Manfaat internet akan bisa diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Berikut ini adalah manfaat secara umum penggunaan internet yang bisa kita peroleh.
Simak baik-baik ya.
    a.    Mudah dan Cepat
Dengan adanya internet, pertukaran informasi dan komunikasi menjadi mudah dan semakin cepat, walaupun kalian harus berkomunikasi antarbenua yang berada di belahan dunia lain. Misalnya, kamu butuh mencari definisi suatu benda, informasi akan lebih cepat di dapatkan daripada mencari di buku-buku perpustakaan. Atau jika kamu berkirim surat secara elektronik (E-mail) maka akan lebih efisien (mudah) dibandingkan berkirim surat secara konvensional melalui layanan pos. biaya kirim surat elektronik tidak tergantung jumlah lembaran surat, atau jauh dekatnya jarak antara pengirim dengan penerima surat.

   b.    Variatif dan Up to Date
Informasi dari internet sangat variativ dan setiap waktu selalu diperbarui, sehingga informasi terbaru selalu bisa didapatkan dengan cepat.

   c.    Akses 24 Jam
Komputer Server yang melayani akses internet senantiasa Online sepanjang hari. Sehingga kapan pun kalian ingin mengakses Internet hal itu selalu bisa dilakukan. hal ini terjadi karena bumi itu bulat dan dunia terbagi menjadi belahan waktu yang berbeda. Misalnya, dinegara kita malam hari, namun di wilayah Amerika Serikat pada saat yang sama adalah siang hari.

   d.    Jangkauannya Bersifat Global
Maksudnya, jaringan internet dibentuk oleh masyarakat seluruh belahan dunia tanpa batasan wilayah, sehingga dengan demikian seolah-olah seluruh dunia merupakan satu kesatuan wilayah. Hal tersebut tentunya bisa dimanfaatkan. Misalnya, sebagai sarana promosi suatu produk ke seluruh dunia dengan biaya murah.

   e.    Muncul Berbagai Lapangan Kerja Baru
Bisnis yang berhubungan dengan internet memang sedang menjamur. Sekarang ini banyak pengelola warnet bermunculan sebagai lapangan usaha yang baru. Untuk membangun suatu Website yang bisa ditampilkan di internet juga diperlukan seorang spesialis yang disebut dengan nama Web Developer (pengembang situs Web), jelas ini adlah peluang kerja yang belum banyak saingannya.

Sedangkan manfaat khusus yang bisa didapat antara lain sebagai berikut :

   a.    Bidang Pendidikan
Melalui internet kita bisa mendapat banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (Library Online), selain itu juga sebagai media pembelajaran secara Online. Contohnnya belajar jarak jauh dengan menggunakan Teleconference Internet (E-learning).

   b.    Bidang Ekonomi
Kegiatan perdagangan, jual beli, promosi, dan sebagainya dapat dilakukan melalui internet tanpa kita harus bepergian keluar. Internet di bidang ekonomi, dikenal dengan istilah E-commerce.

   c.    Bidang Pemerintahan
Internet di bidang pemerintahan dikenal dengan istilah E-government. Dengan adanya E-government, pemerintahan dapat dengan mudah memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal, dan juga dapat digunakan untuk saling mempererat hubungan pemerintahan antarnegara.

   d.    Bidang Sosila
Internet memberikan informasi mengenai berbagai macam kegiatan social yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dan juga dapat digunakan untuk membantu penggalangan dana untuk kegiatan social.

   e.    Sarana Hiburan
Internet menyediakan banyak fasilitas pilihan seperti permainan atau Games, music, video, dunia Entertainment, dan sebagainya.


Itulah tadi Manfaat Internet semoga bermanfaat untuk anda.

Silahkan tunggu postingan baru saya
Salam.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



Silahkan Berikan Komentar Anda, Terima Kasih

0 Respones to "Manfaat Internet"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger