Rangkuman Globalisasi Bagi Bangsa Indonesia

Globalisasi Bagi Bangsa Indonesia

A.     Pengertian dan Pentingnya Globalisasi
Ø Pengertian Globalisasi
Globalisasi berasal dari kita “globe” yang artinya Dunia. Globalisasi artinya proses mendunia atau menuju satu dunia. Dalam kamus Bahasa Inggris Longman Dictionary of Contemporary English, global diartikan sebagai concerning the whole earth; maksudnya sesuatu yang berkaitan dengan dunia internasional atau seluruh dunia.
Konsep globalisasi menurut Prijono Tjiptoherijanto adalah suatu pengertian ketiadaan batas antar Negara (stateless). Kesimpulan bahwa “Globalisasi” merupakan suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek kehidupan ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar dalam kehidupan internasional.

Ø Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia
Indonesia sebagai Negara berkembang mempunyai kepentingan dalam era globalisasi ini. Apalagi Indonesia masih mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan. Untuk pemulihan ekonomi tersebut, Indonesia masih membutuhkan batuan dari pihak luar.
Tidak hanya dalam bidang ekonomi, kita juga harus mengikuti perkembangan dalam bidang politik, social, dan kebudayaan serta pendidikan agar Negara kita tidak tertinggal dengan Negara lain. Dengan demikian, globalisasi sangat penting bagi Indonesia. Apalagi letak Indonesia yang strategis di kawasan Asia Tenggara yang diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia dan menjadi jalur pelayaran Internasional.

B.      Politik Luar Negeri Indonesia dalam Hubungan Internasional Di Era Global
Ø Permasalahan
Ketidak seimbangan hubungan antara Negara-negara berkembang dengan Negara-negara maju adalah akibat globalisasi. Belum tuntasnya masalah perbatasan antara Indonesia dengan Negara tetangga baik wilayah darat maupun laut perlu segera dituntaskan melalui diplomasi perbatasan dalam menjaga kedaulatan Negara. Masalah lintas batas (border crossing) menurut pelaksanaan kerangka kerja sama yang lebih efektif untuk memfasilitasi kegiatan masyarakat perbatasan dengan negara-negara yang berbatasan darat seperti Malaysia, Singapura, PNG, dan Timor Leste. Semakin banyaknya persoalan yang dihadapi oleh Warna Negara Indonesia (WNI) di luar negeri menuntut Indonesia lebih proaktif dalam menangani persoalan ini. Berbagai persoalan yang dihadapi oleh warga Negara Indonesia di luar negeri seperti legalitas dokumen dan pelanggaran hukum memerlukan perlindungan yang sungguh-sungguh. Upaya yang dilakukan selama ini masih jauh dari yang diharapkan seperti munculnya berbagai persoalan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Luar negeri.

1.       Sasaran
Sasaran yang hendak dicapai dalam pemantapan politik luar negeri dan peningkatan kerja sama internasional adalah semakin meningkatnya peranan Indonesia dalam hubungan Internasional dan dalam menciptakan perdamaian dunia serta pulihnya citra Indonesia dan kepercayaan masyarakat Internasional serta mendorong terciptanya tatanan dan kerja sama ekonomi regional dan internasional yang lebih baik dalam mendukung pembangunan nasional.


2.       Arah Kebijakan
Arah kebijakan dari pemantapan politik luar negeri dan peningkatan kerja sama internasional adalah :
a.       Melanjutkan komitmen Indonesia terhadap pembentukan identitas dan pemantapan integrasi regional khusunya di ASEAN
b.      Meningkatkan dukungan dan peran masyarakat internasional dan tercapainya tujuan pembangunan nasional.
c.       Meningkatkan koordinasi dalam penyelenggaraan hubungan luar negeri sesuai dengan Undang-Undang.

3.       Program-Program Pembangunan
Arah kebijakan dalam pemantapan politik luar negeri dan peningkatan kerja sama internasional dijabarkan dalam program-program pembangunan sebagai berikut.
1)      Program Pemantapan Politik Luar Negeri dan Optimalisasi Diplomasi Indonesia
Tujuan program ini adalah meningkatkan kapasitas dan kinerja politik luar negeri dalam memberikan kontribusi bagi proses demokratis. Kegiatan-kegiatan pokok yang akan dilakukan adalah :
a.       Perumusan konsep pemberian respons yang lebih tegas, visioner, dan berkualitas berkaitan dengan isu-isu internasional yang strategis.
b.      Penyelenggaraan hubungan luar negeri dan pemantapan kebijakan luar negeri yang konsisten dan produktif bagi kinerja diplomasi Indonesia.
c.       Penguatan institusi diplomasi melalui penataan kelembagaan dan peningkatan profesionalisme SDM
2)      Program Peningkatan Kerja Sama Internasional
Program ini bertujuan memanfaatkan secara lebih optimal berbagi potensi positif yang ada pada forum-forum kerja sama Internasional terutama melalui kerjasama ASEAN, APEC . kegiatan-kegiatan pokok yang akan dilakukan adalah:
a.       Penyusunan kerangka kerja yang lebih terarah dan tindakan lanjut terciptanya pembentukan ASEAN .
b.      Fasilitas jaringan diplomasi kebudayaan dan pendidikan berbasiskan inisiatif masyarakat secara luas.
3)      Program Penegasan Komitmen Perdamaian Dunia
Program ini bertujuan menegaskan kokmitmen Indonesia terhadap pelaksanaan dan perumusan aturan-aturan serta hukum internasional. Kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan adalah :
a.       Peningkatan komitmen dan peningkatan peran dalam upaya reformasi dan revitalisasi PBB termasuk di dalamnya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa ( DK PBB) dengan menjadikan lebih demokratis dalam aspek keterwakilan dan procedural.
b.      Peningkatan upaya penanggulangan kejahatan lalu lintas Negara seperti terorisme, pencurian uang, kejahatan narkotika, penyelundupan, dll.
c.       Partisipasi dalam menciptakan perdamaian dunia.

C.      Dampak Globalisasi
Pengaruh globalisasi dewasa ini sulit dibendung lagi. Oleh karena itu, kita mau tidak mau harus menerima pengaruh itu.
Ø  Dampak Negatif Globalisasi
1.       Dampak Terhadap Perilaku Masyarakat
Dengan adanya globalisasi, perilaku masyarakat tentu berubah. Seperti kebiasaan menonton televise menjadi sangat lazim sehingga banyak orang meniru gaya hidup selebritis Indonesia maupun dunia yang dilihatnya di televise. Makin banyak orang memiliki Komputer, mengirim E-mail, dan berbelanja lewat internet. Semua serba cepat dan praktis.
2.       Dampak terhadap Sektor Keuangan
Dalam sector keuangan menunjukan bahwa sebagian besar perekonomian dunia dikuasai dan dikendalikan oleh para spekulan pasar dan pemilik modal.
3.       Dampak terhadap Peran Negara sebagai Motor Penggerak Kemakkuran
Mengakibatkan peran Negara atau pemerintah sebagai  motor pencipta dan pendiri kemakmuran semakin berkurang. Privatisasi dalam kebijakan ekonomi nasional semakin mempersempit ruang gerak peran pemerintah dalam perekonomian.
4.       Dampak terhadap Perusahaan Kecil dan Menengah
Dalam era globalisasi perusahaan-perusahaan besar lebih mampu menawarkan produk bermutu dan pelayanan purna jual yang prima daripada perusahaan kecil dan menengah.
Ø  Dampak Positif Globalisasi
Proses globalisasi juga membawa dampak positif terhadap peradaban bangsa kita. Segi-segi positif proses globalisasi tersebut antara lain:
1.       Kemajuan teknologi informasi yang telah berdampak sangat dramatis terhadap perekonomian antara lain dapat menekan biaya transportasi barang dan manusia.
2.       Kebijakan yang dapat menopang perdagangan internasioanl adalah membuka pasar domestic tehadap penanaman modal asing.

D.     Menyikap Globalisasi
Dalam masa globalisasi ini, tidak ada satu Negara pun yang mampu mencegah masuknya pengaruh perekonomian dunia.
Ø  Persiapan Indonesia Menghadapi Globalisasi
Persiapan bangsa Indonesia dalam menghadapi globalisasi bukan hanya siap dan tidak siap, atau mau atau tidak mau, tetapi harus membenahi diri dalam berbagai sector kehidupan sepeti :
1.       Keadaan Ekonomi
Laporan Bank Dunia 1999/2000 menunjukan bahwa keadaan perekonomian bangsa Indonesia masih sangat rendah. Pendapat perkapita juga masih dari memadai.
2.       Keadaan Stabilitas Politik dan Keamanan
Untuk menarik minat para investor asing menanamkan modalnya di Indonesia, diperlukan kondisi perekonomian yang aman dan stabil.
3.       Otonomi Daerah
Melanjutkan agenda reformasi terutama mengenai Otonomi Daerah.

Ø  Menyikap Pengaruh Globalisasi
1.       Menyeleksi budaya asing yang masuk Negara kita
2.       Tidak meninggalkan nilai-nilai luhur budaya bangsa kita.
3.       Tetap mengikuti perkembangan informasi dan teknologi agar kita bisa terus dan tidak tertinggal.
anda boleh membagikan rangkuman ini kepada teman anda
silahkan sertakan link sumbernya . terima kasur :)

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



2 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger