Asal Usul dan Sejarah Ulang Tahun

hai sobat Putupunyablog ?. kali ini saya akan memposting suatu artikel Asal Muasal Ulang Tahun. dihari ini,esok hari,lusa mungkin sobat ada yang ulang tahun. tanpa kita sadarai padahal kita tidak tahu asal-usulnya Ulang Tahun. berbagai kue, minuman, makanan dsb, mereka pajang beberkan, berbagai teman di undang. itu hanya satu tujuan yaitu merayakan hari kelahiran yang merupakan hari bersejarah dalam kehidupan mereka.

setiap orang tidak tahu Asal Usul Ulang Tahun  atau Sejarah Ulang Tahun. nah, lalu apa ada sejarah ulang tahun ?
Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita sama-sama simak berikut ini :) .
Tradisi pesta ulang tahun pertama kali dimulai di Eropa. Diawali dengan adanya ketakutan akan datangnya roh jahat tatkala seseorang berulang tahun. Sebagai langkah proteksi, diundanglah teman-teman dan keluarga saat seseorang berulang tahun agar mereka memberikan do`a dan pengharapan yang baik bagi yang berulang tahun. Mereka juga memberikan kado kepada orang yang berulang tahun. Hal ini dipercaya dapat memberikan rasa gembira kepadanya sehingga dapat menghalau roh-roh jahat tersebut.

Banyak simbol yang diasosiasikan dengan ulang tahun sejak ratusan tahun silam, misalnya kue. Mengapa perayaan ulang tahun harus menggunakan kue? Salah satu cerita menyebutkan karena waktu dulu bangsa Yunani menggunakan kue untuk persembahan ke kuil dewa bulan, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang mempresentasikan bulan purnama.

Cerita lainnya tentang kue ulang tahun yang bermula di Jerman yang disebut sebagai “Gerbutstagorten” adalah salah satu tipe kue ulang tahun yang biasa digunakan saat ulang tahun. Kue ini adalah kue dengan beberapa layer yang rasanya lebih manis dari kue berbahan roti.

Simbol lain yang selalu menyertai kue ulang tahun adalah penggunaan lilin ulang tahun yang biasa diletakkan di atas kue. Orang Yunani yang mempersembahkan kue mereka kepada dewa Artemis juga meletakkan lilin-lilin di atasnya agar membuat kue tersebut terlihat terang menyala seperti bulan.

Beberapa orang menyatakan bahwa lilin diletakkan dengan alasan keagamaan. Beberapa orang Jerman meletakkan lilin besar di tengah-tengah kue mereka sebagai pertanda terangnya kehidupan. Sebagian lagi percaya bahwa asap dari lilin tersebut akan membawa pengharapan mereka ke surga.

Saat ulang tahun mereka juga meniup semua lilin yang ada disitu sambil mengucapkan pengharapan di dalam hati. Mereka melakukan semua itu karena percaya bahwa meniup semua lilin yang ada dalam satu embusan akan membawa nasib baik. Pesta ulang tahun biasanya diadakan supaya orang yang ulang tahun dapat meniup lilinnya.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa pesta ulang tahun diadakan pada kali pertama dengan tujuan untuk mengusir roh jahat yang mengganggu orang yang berulang tahun. Itulah yang mereka sangkakan sehingga mereka mengadakan pesta dan mengundang teman dan kerabat agar roh-roh jahat tidak jadi mengganggu yang berulang tahun.

Selanjutnya, pesta ulang tahun mengalami perkembangan dan penambahan, diantaranya keluarga dan teman yang diundang datang sambil membawa kado atau bunga untuk diberikan kepada orang yang berulang tahun. Jika orang yang diundang tidak bisa menghadiri pesta ulang tahun, biasanya mereka mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun. Tradisi mengirimkan kartu ucapan dimulai di Inggris sekitar 100 tahun yang lalu.

nah, itulah sejarah ulang tahun sobat. semoga artikel diatas sangat bermanfaat bagi sobat yang tercinta . oiya, saya lupa, jika sobat ada yang Ulang Tahun, selamat Ulang Tahun aja ya. semoga panjang umur dan sehat selalu. Salam.


Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



2 komentar:

  1. owh jadi b\begitu yah sejarahnya..
    saya baru tahu nich..

    BalasHapus
  2. ia gan, semoga bermanfaat ya gan. n mkci tas knjungannya gan :)

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger