Apa Itu Upacara Melasti Umat Hindu?

Teman-temanku yang akan merayakan Nyepi hari Jum'at, 23 Maret 2012 besok pasti sudah bersiap-siap. Salah satu persiapan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali untuk menyambut Nyepi adalah melakukan ritual Melasti. oya, buat temen-temen saya yang melaksanakan ritual melasti di Cakat Raya, Tulang Bawang, Menggala, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. Selamat melaksanakannya. Semoga berjalan dengan hikmat dan tertib. Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Upacara Melasti?.

Ritual Melasti adalah kegiatan penyucian diri menjelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka yang ditandai iring-iringan warga berpakaian adat membawa "Pratime" menuju berbagai pantai.
Ritual Melasti ini sudah berlangsung dari hari Sabtu lalu di beberapa pantai di kawasan Bali, misalnya Pantai Padanggalak, Pantai Sanur, Semawang, Kuta, Jimbaran, Nusa Dua, dan Tanah Lot.
Kegiatan penyucian ini melibatkan ratusan warga dari puluhan banjar atau dusun dalam satu desa adat, sehingga semarak, meriah, dan jadi menarik perhatian wisatawan.
Saat proses Melasti, warga yang membawa "Pratime" dan benda-benda sakral lainnya menyelupkan kakinya ke perairan pantai sebagai simbol penyucian agar pelaksanaan Hari Raya Nyepi berlangsung tenang dan damai.

Oh iya, Pratime itu adalah benda lambang pemujaan di setiap pura dari masing-masing banjar yang disucikan atau disakralkan, disertai berbagai perlengkapan seperti sesajen, umbul-umbul, payung, dengan iringan tetabuhan seperti musik tradisional bleganjur.
Ritual penyucian meliputi dua hal, yakni "bhuana agung" atau alam semesta dan "bhuana alit" yang diterjemahkan sebagai jiwa raga. Dan ritual tersebut dilakukan oleh tiap kelompok, yang terdiri dari puluhan banjar dalam satu desa adat itu.

Sekian dari postingan saya ini semoga bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



Silahkan Berikan Komentar Anda, Terima Kasih

0 Respones to "Apa Itu Upacara Melasti Umat Hindu?"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger