Tips Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Banyak orang yang mulai komplain kenapa baterai pada laptop terasa sangat cepat habisnya. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi mengapa baterai pada laptop tidak bisa bertahan dengan lama. Kali ini, kita sedikit membahas bagaimana cara melakukan perawatan pada baterai laptop secara regular dan bagaimana cara pemilihan baterai pada laptop dengan tepat.
  • Pertama kali, pada awal pembelian laptop yang baru akan terasa sekali bila baterai pada laptop tersebut terasa lebih awet dan tahan lama pemakaiannya. Tetapi setalah dioperasikan sekitar setahun bahkan mungkin kurang, kekuatan pada baterai laptop tersebut akan berkurang drastis. Hal ini disebabkan karena perawatan pada baterai laptop yang kurang tepat. Perawatan baterai laptop ini pada dasarnya berbicara tentang bagaimana cara pengisian baterai laptop dengan tepat.
  • Bila anda membeli laptop yang baru, itu sangat dianjurkan untuk mengisi dahulu baterai pada laptop selama kurang lebih 6-8 jam dengan kondisi laptop harus mati. Hal ini istilahnya hampir sama dengan mobil pada masa penyesuaian atau yang lebih dikenal dengan inreyen mobil. Sehingga, baterai tersebut akan lebih tahan lama pemakaiannya dalam arti lebih awet (long-lasting life). Bila sudah terisi penuh selama 6-8 jam, akan lebih baik bila laptop tersebut digunakan non-stop hingga baterai habis dengan perkiraan 3-4% sisa dalam baterai kemudian boleh diisi lagi hingga penuh 100% (bisa dalam kondisi laptop hidup maupun mati). Usahakan hal ini dilakukan setiap kali pengisian baterai, artinya laptop bisa diisi ketika baterai laptop sudah hampir habis yang kurang lebih 7-11% dan usahakan jangan melakukan pengisian pada baterai yang masih penuh atau lebih dari 14%. Hal tersebut dapat membuat umur baterai pada laptop yang kurang awet.
  • Untuk penyimpanan baterai dalam jangka waktu yang lama (+3 bulan), banyak orang yang berasumsi salah dengan menyimpan baterai laptop tersebut pada kondisi baterai yang penuh 100%. Mereka berpendapat kalau baterai disimpan dalam kondisi yang penuh maka baterai tidak akan drop bila ditinggal lama. Sedangkan pendapat itu sebenarnya salah. Untuk Penyimpanan baterai yang lama justru sebaiknya pada kondisi baterai yang sudah rendah yakni sekitar 3% atau kurang. Hal ini disebabkan karena baterai laptop yang sudah dibawah 3% tidak akan mengalami penurunan lagi ketika disimpan baik ditempat yang dingin maupun panas. Bila laptop yang masih penuh 100% kemudian disimpan, maka penurunan akan terjadi pada masa waktu penyimpanan. Untuk pemakaian kembali pada baterai laptop yang telah disimpan sebaiknya diisi kembali seperti caranya pada baterai yang baru dibeli. Yakni, dengan mengisi baterai tersebut hingga penuh dengan kondisi laptop mati dalam jangka waktu sekitar 6 jam. Perawatan baterai ini adalah cara yang terbaik dengan memperlakukan baterai yang sudah disimpan lama kemudian diisi ulang seperti halanya baterai baru. Hal ini dinamakan recycling battery.
  • Untuk baterai yang sudah rusak (aus) atau tidak mampu lagi untuk bertahan lama, ada satu cara yang sebenarnya tidak dianjurkan yakni melakukan penyuntikan pada baterai tersebut. Tetapi sangat dianjurkan untuk melakukan pembelian baterai laptop yang baru meskipun harga cukup mahal tetapi ini lebih menguntungkan. Normalnya laptop untuk 2-cell bisa bertahan 1,5 jam, 4-cell mampu bertahan 2-3 jam, 6-cell mampu bertahan 4 jam dan 9-cell mampu bertahan sekitar 7 jam. Informasi ini bisa digunakan saat pembelian baterai laptop baru. Tentunya untuk seri setiap baterai dengan cell tertentu pada setiap laptop itu beda-beda sehingga perlu ditanyakan pada dealer penjualan baterai dengan cell yang diminta pada laptop tertentu tersebut.
Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui cara ini, tapi tidak ada salahnya kita mengikat ilmu dengan menuliskannya

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



14 komentar:

  1. Tiap-tiap blog yg sering saya kunjungi yg isinya cara merawat baterai kenapa berbeda ya, kalau boleh tau sebenarnya yg benar itu yg mana?
    Ada yg berkata setiap membeli laptop baru baterai harus di charger dulu hingga 6-8 jam, dan ada juga yg berkata baterai atau laptop baru harus di charger normal2 aja, tanpa menunggu 6-8 jam, pokoknya kalau udah penuh terus di cabut.

    BalasHapus
  2. mas ,,mw tanya laptop saya acer 4740, tp bermslah sama batre nya ,,waktu sya charger batre g pernah full ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya oren truz g bs warna biru n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh, yg biasanya 100% malah Jadi 85%,,n ktika laptop dicoba dicharger dlm on,,,diicon batrenya muncul tulisan ac on power,,,kira2 apa masalahnya mas..?
    please bantu saya mas, solusinya tolong dikirimkan ke email saya rahmadhidayat2815@gmail.com
    trimksh bnyk sblmnya mas..

    BalasHapus
  3. Saya semakin bingun dengan penjelasan setiap blog, katanya kalo ngecas sambil laptop dihidupin membuat baterai lebih cepat habis tetapi disini dianjurkan ini bagaimana ?

    BalasHapus
  4. Gan lap w c600 . Batrai w cepet baget drop kalau di suntik bisa tidak usia baterai w mau 2 tahun ? Bisa tidak !

    BalasHapus
  5. Yang benar dari kata-kata di atas and ud terbukti. Dari saya , batrey laptop gak boleh di cas selagi di atas 7%. Batrey saya mampu bertahan normal hingga 2thn lebih hampir 3 thn , sedangkan punya teman saya hanya yg sering di cas hanya +1.thunan

    BalasHapus
  6. artikelnya sangat bermutu,,, tp cm admin harus lebih banyak lg utk belajar & memahami tentang apa yg mw di share seperti halnya nge share tentang info merawat batre ini.semua batre emg perlu di rawat,, tp nmnya semua barang electronic jg ada mas aus nya sperti batre laptop.tp yg jelas ketahanan batre laptop max 2thn aj,,, lebih dr itu emg hrus ganti,klo batre laptop tahan sampe puluhan thn,rugi dong produsen jdnya.ok dech,,, lebih giat lg belajar gan.. salam sukses.

    BalasHapus
  7. artikelnya sangat bermutu,,, tp cm admin harus lebih banyak lg utk belajar & memahami tentang apa yg mw di share seperti halnya nge share tentang info merawat batre ini.semua batre emg perlu di rawat,, tp nmnya semua barang electronic jg ada mas aus nya sperti batre laptop.tp yg jelas ketahanan batre laptop max 2thn aj,,, lebih dr itu emg hrus ganti,klo batre laptop tahan sampe puluhan thn,rugi dong produsen jdnya.ok dech,,, lebih giat lg belajar gan.. salam sukses.

    BalasHapus
  8. Terimakasihbanyak infonya mengenai cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis ini, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger