Mengatasi Deskrips Blog Tidak Tampil Di Facebook

Saat kita menyimpan tautan atau link pada status facebook dan komentar facebook bagian dari deskripsi blognya tidak tampil. Mungkin terasa sepele namun suatu hal kecil seperti ini bisa menjadi suatu hal yang sangat mengganggu untuk blogger. :D
yang seharusnya seperti gambar dibawah ini:
Deskripsi Tampil
 Menjadi seperti ini deskripsinya tidak tampil:
Deskripsi Tidak Tampil
Bug ini terjadi jika template blog kita tidak terbaca bagian deskripsinya, dan dari apa yang pernah saya baca dari sibolang.net hal ini juga bisa terjadi karena Facebook secara rutin mengambil data di dalam halaman dan menyimpannya ke dalam cache.

Setelah suatu halaman baru ditemukan pada suatu url posting yang di-share, Facebook melakukan crawl dan menyimpan data-data halaman tersebut, dalam hal ini adalah gambar dan teks. Yg dilakukan pada saat crawl adalah mencari meta data (dalam tag opengraph dan tag-tag lain). Ketika meta data tidak ditemukan, algoritma Facebook akan mengambil data gambar dan teks apapun yg pertama kali ditemukan pada halaman tersebut. Nah, inilah mengapa kadang snippet gambar dan deskripsi yang ditampilkan tidak sesuai.

Untuk penyebab secara pastinya dari template saya sendiri kurang tahu pasti, namun untuk deskripsi kita bisa terbaca di facebook kita harus menambahkan Meta pengganti agar bisa kembali tampil dan terbaca di facebook .
Caranya simpan kode dibawah ini tepat diatas kode <data:post.body/>
<b:if cond=’data:blog.pageType == “item”‘>
<b:if cond=’data:post.snippet’>
<meta expr:content=’data:post.snippet’ name=’description’/>
</b:if>
</b:if>
Simpan Templat. Selesai dan coba lihat hasilnya. Sekian tutorial saya kali ini. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. sumber artikel ini saya dapatkan dari sibolang.net dan buka-rahasia.blogspot.com. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



1 komentar:

  1. Silahkan berkomentar sobat. Jika ada yang tidak maksud dan ditanyakan, silakan bertanya :)

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger