Asal Mula Kata "Gan" Dan "Pertamax" Pada Blog

Asal Mula Kata "Gan" Dan "Pertamax" - Hay sobat putupunyablog, kali ini saya memposting artikel Asal Mula Kata "Gan" Dan "Pertamax". Sobat pasti tidak asing lagi dengan kata "Gan" Dan "Pertamax" di dunia blogger. Kata "Gan" Dan "Pertamax" biasanya ditemukan di komentar-komentar blog kita. Sobat mungkin pernah juga memakai kata "Gan" Dan "Pertamax" saat berkomentar di blog teman kita. Namun, tahukah sobat asal usul dan arti kata "Gan" Dan "Pertamax"?. Nah, berikut ini penjelasan menurut dari kamus.malesbanget.com:
arti kata pertamax dan gan
1. Gan 
Kata gan pertama kali diciptakan oleh seseorang dengan user ID di kaskus bernama hitlerz sekitar tahun 2004. Dialah yang sering terlihat membawa kata-kata gan ini sebagai kata sapaan, dimana ketika itu orang masih pada mengatakan bro, boss, dll untuk sapaan. Dahulu sering terlihat dikaskus user ID hitlerz ini membawa kalimat ini "Angkat gelas buat juragan" dengan emoticon khas mr. smiley membawa segelas mug penuh berisi bir. Jadi kemungkinan besar kata gan merupakan kependekan dari juragan.
Untuk melihat user ID hitlerz silakan langsung cari di Google dengan kata kunci tersebut, sepertinya sekarang ia sudah tidak aktif lagi di KasKus.

2. Pertamax 
Istilah Pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut. Namun sayang rencana mempopulerkan kata Pertamax tidak berhasil karena blog tersebut kurang ramai di kunjungi sehingga istilah tersebut hanya dikenal oleh beberapa orang saja (tidak lebih dari 10 orang) akhirnya istilah Pertamax kembali muncul dan dipopulerkan oleh situs Komunitas Indonesia Terbesar Kaskus yang memiliki lebih dari 800.000 anggota, jumlah ini sudah tentu membuat kata Pertamax menjadi populer setelah diadopsi di situs KasKus. Jadi boleh dikatakan Kaskus yang membuat kata Pertamax menjadi terkenal.

Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.

Istilah pertamax ini digunakan apabila seseorang melakukan post pertama pada suatu thread, dan banyak yang menggunakan istilah gagal pertamax jika seseorang merasa dirinya tidak post pertama kali.

Nah, bagaimana sobat semua, sudah paham belum Asal Mula Kata "Gan" Dan "Pertamax" Pada Blog?. Nah itulah Asal Mula Kata "Gan" Dan "Pertamax" Pada Blog kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.
Thanks: http://www.tituitbom.com/.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



10 komentar:

  1. PERTAMAX GAN...hehehe,, jadi gitu ya asal mulanya? mkasi atas infonya..hehe

    BalasHapus
  2. @Dek Roby trimakasih gan.. :). iya gan trimakasih juga atas kunjungan dan komentarnya :)

    BalasHapus
  3. Wkwkwk ane seneng bgt klo dgr istilah "Gan" sama "Pertamax" ini. Kata2nya tampak lebih gaul, bersahabat, dan pantas diucapkan buat blogger, forumer, atau netter sekalipun :D. Tnx gan atas pelajaran sejarahnya :D

    BalasHapus
  4. @kemas hehe iya bener banget gan.. kalau kita lagi blogwalking atau berkomentar di blog gak enak and nyaman rasanya pake "gan" and "pertamax". Ok gan.. terimaksih atas komentarnya :).

    BalasHapus
  5. Sekarang kata "Gan" jadi merembet ke blogger diantaranya pada artikel untuk menyapa pengunjung dan pembaca menggunakan kata tsb. Saya sendiri juga mnggunakan kata tsb pada blog saya mskipun saya sndiri tidak aktif sbgai kaskuser.

    BalasHapus
  6. @Area Infoku Iya gan.. bner banget.. mari kita budayakan kata gan dan pertamax untuk menyambung silaturahmi sesama pengguna blogger indonesia.. Trima kasih sudah berkomentar gan..

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger