Abjad Bahasa Indonesia Akan Dikurangi 7 Huruf ?

Abjad Bahasa Indonesia Akan Dikurangi 7 Huruf? - Tidak sengaja saya lagi cari sesuatu di mbah google ternyata saya menemukan info Abjad Bahasa Indonesia Akan Dikurangi 7 Huruf ini. Saya jadi kaget saat baca judulnya dan saya tidak ingin membuang waktu langsung saya baca dan saya update di blog ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYtQcEbODKpSOaxKif42oHMSvoWq0c6cW1240750p8RncIYSja2ivmyrFmbrTDaF_lhRhLZGi3RhexCC4oyHqaHIqIlt64M3MC1ZQT-uRGlbNAubtkwrkactZXvUvQcKQT5CaUpc5IEmGV/s1600/abjad+ilang.jpg
LIPI (Lembaga Ilmu Penyederhanaan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dalam penggunaan Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah mengurangi jumlah abjad pada Bahasa Indonesia. Abjad yang digunakan saat ini berjumlah 26. Para pakar Komunikasi merasa Ke-26 abjad tersebut masih terlalu banyak, lagi pula ada beberapa abjad yang jarang digunakan. Pertama, huruf X diganti dengan gabungan huruf K dan S kebetulan hampir tdak ada kata dalam Bahasa Indonesia asli yang menggunakan huruf ini, kebanyakan merupakan serapan dari bahasa asing, misal "TAXI" menjadi "TAKSI", "maximal" menjadi "maksima".

Selanjutnya, huruf Q diganti dengan KW, kata-kata yang mengunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali seperti kwalitas. Huruf Z diganti mjd C. Tdk ada alasan kuat ttg hal ini. Huruf Y diganti dg I. Hal ini dilakukan sebab bunii huruf tsb mirip dg I. Lalu huruf F dn V keduania diganti mjd P. Pd lepel ini masih blm trjd perubahan iang signipikan. Hurup W kemudian diganti mjd hurup U. Berarti sampai saat ini kita sdh mengeliminasi 7 hurup. Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adlh R, mengingat baniak org iang kesulitan meniebutkan hurup tsb. R kita ganti dg L. Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti mjd H, iang paling belpengaluh adlh hulup S iang diganti mjd C. Hulup G jg diganti mjd K. Dan hulup J jg diganti mjd C, caia laca cudah cukup utk hulup-hulup konconannia. Cekalank kita kanti hulup pokalnia. Cuma ada lima hulup pokal A, I, U, E, O.

Kita akan eliminaci dua hulup pokal. Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE. Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO. Cadi, campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop eeang telceeca adalah : A,B,C,D,E,H,K,L,M,N,O,P,T. Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop. Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan! Co, ceelahkan keeleemkan tooleecan anda denkan menkkoonakan dooa belac hooloop telceboot.

Kok jadi gitu ya?. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa kasih komentar, klik plus+, dan likenya :).

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



2 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger