Arti Kata "Hompimpa-Alaium-Gambreng"

Arti Kata "Hompimpa-Alaium-Gambreng" - Kali ini putupunyablog share artikel unik nih, yaitu Arti Kata "Hompimpa-Alaium-Gambreng". Sebenarnya saya ingin memberi judul Arti dan Asal Mula Dari Kata "Hompimpa-Alaium-Gambreng" tapi terlalu panjang kayaknya ya sobat :D ?.
http://putupunyablog.blogspot.com/2012/08/arti-kata-hompimpa-alaium-gambreng.html,Arti dan Asal Mula Dari Kata
Hompimpa atau hompimpah adalah sebuah cara untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dengan menggunakan telapak tangan yang dilakukan oleh minimal tiga peserta. Secara bersama-sama, peserta mengucapkan kata hom-pim-pa. Ketika mengucapkan suku kata terakhir (pa),

masing-masing peserta memperlihatkan salah satu telapak tangan dengan bagian dalam telapak tangan menghadap ke bawah atau ke atas. Dalam budaya Betawi, hompimpa dilakukan dengan lagu berlirik "Hompimpa alaium gambreng. Mpok Ipah pakai baju rombeng".

Pemenang adalah peserta yang memperlihatkan telapak tangan yang berbeda dari para peserta lainnya. Ketika peserta lainnya sudah menang, peserta yang kalah ditentukan oleh dua peserta yang tersisa dengan melakukan suten.
Kalimat "Hongpimpa Alaium Gambreng" Itu Bermakna "Dari Tuhan Kembali Ke Tuhan, Mari Kita Bermain.."
 Sekarang permainan ini jarang sekali di sekitar desa saya. Dulu saya waktu SD saya selalu jika ingin bermain kucing-kucingan harus memakai hompimpa ini. Tapi sekarang sudah jarang, malah tidak ada, tidak terlihat, dan tidak terdengar 1 pun.
Semoga bermanfaat :).

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



4 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger