Pengertian GPRS Dan EDGE

Pengertian GPRS Dan EDGE - Kali ini saya share artikel Pengertian GPRS Dan EDGE. Sudah tahukah sobat apa itu GPRS dan EDGE?. Istilah-istilah ini saya kumpulkan dari berbagai sumber dan tidak menutup kemungkinan informasi yang saya sampaikan ini akan mengalami pengembangan seiring dengan data dan informasi baru yang saya peroleh dari sumber lain.
  • Pengertian GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah layanan transfer data untuk ponsel GSM dengan kecepatan antara 56 – 114 kb/s. Transfer data sendiri di sini adalah aktivitas transfer data baik itu dalam bentuk layanan GSM seperti WAP (Wireless Application Protocol), SMS (Short Messaging Service) over GPRS, dan MMS (Multimedia Messaging Service), tapi juga transfer data internet, baik itu email dan akses WWW (World Wide Web).
Tarif untuk layanan GPRS ini sendiri berdasarkan besaran data yang didownload dan diupload (biasanya tarif per kb). GPRS sendiri mempunyai 3 class berkaitan dengan penggunaan akses data dan fungsi GSM standar (voice/telepon dan sms), yang pertama yaitu GPRS class C, dimana kita harus melakukan switching secara manual antara akses data dengan fungsi dasar GSM (voice dan sms). GPRS class B berada di atas class C, yaitu kita tidak perlu melakukan switching secara manual, tapi secara otomatis switching data akan berlangsung, misalnya pada saat kita melakukan akses data, dan kita melakukan aktivitas telpon atau sms, maka secara otomatis proses akses data akan berhenti dan berjalan kembali secara otomatis setelah aktivitas telepon atau sms berakhir.

Generasi terakhir adalah GPRS class A, dimana antara aktivitas akses data dan fungsi dasar GSM (voice dan sms) bisa berjalan bersama, jadi akses data tidak akan terputus saat kita menerima/melakukan telepon atau sms, karena keduanya bisa berjalan bersama-sama. GPRS ini sendiri juga biasa disebut sebagai tekhnologi 2,5G.
  • Pengertian EDGE 
EDGE (Enhanced Data rate of Global Evolution), adalah teknologi dalam transfer data kelanjutan dari GPRS atau bisa juga dimasukkan dalam kategori 2,75G. EDGE bisa berjalan pada ponsel yang sudah support GPRS karena tidak ada penambahan hardware pada ponsel untuk bisa melakukan transfer data dengan EDGE, sebaliknya, penambahan hardware ada pada sisi operator penyelenggara jasa telekomunikasi. Penambahan hardware ada pada BTS operator supaya bisa mensupport teknologi EDGE ini.

Kecepatan transfer data dari EDGE ini bisa mencapai 236,8 kb/s (secara teori sebenarnya bisa mencapai 473,6 kb/s).

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



5 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger