Masa Depan Keanekaragaman Spesies Indonesia

Halo sahabat bloggers semua?. Pada kali ini saya berbagi dan sharing artikel tentang Masa Depan Keanekaragaman Spesies Indonesia. Silahkan sahabat simak saja pembahasan dibawah ini dengan saksama.

Indonesia memiliki ratusan spesies hewan yang sangat menarik dan mengagumkan untuk dilihat, seperti orangutan, harimau sumatera, bekantan, siamang, babirusa, burung kakatua, burung cendrawasih, dan komodo. Berbagai tumbuhan langka di dalam hutan hujan tropis indonesia juga sangat mempesona, misalnya Rafflesia yang merupakan tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Deretan terumbu karang di laut Indonesia, hutan – hutan mangrove, dan sungai – sungai, menambah keindahan alam Indonesia.
Kekayaan alam ini tentu memberi banyak keuntungan bagi kita, seperti mendukung pariwisata, dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia, dan dapat dieksplorasi lebih lanjut untuk menemukan spesies yang potensial sebagai obat atau menghasilkan senyawa beramanfaat. Selain itu, manfaat utama dari keanekaragaman spesies ini adalah keseimbangan ekosistem, bukan saja Indonesia, melainkan dunia.

Dengan kekayaan spesies yang sedimikian besar, Indonesia ternyata juga merupakan salah satu titik api kepunahan spesies dunia. Sebanyak 284 spesies diidentifikasikan terancam punah di wilayah Sumatera dan Semenanjung Malaysia, disusul wilayah Kalimantan sebanyak 224 spesies, Papua dan Papua Nugini sebanyak 205 spesies, dan Sulawesi sebanyak 130 spesies. Beberapa spesies yang terancam punah tersebut adalah Orangutan Kalimantan dan Sumatera, Monyet Mentawai, Harimau dan Gajah Sumatera, Badak Jawa, Jalak Bali, Cendrawasih, dan Anggrek Hitam.

Tindakan untuk mencegah terjadinya kepunahan berbagai spesies makhluk hidup perlu segera dilakukan, dan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tapi juga perlu didukung oleh berbagai lembaga atau institusi di bidang konservasi serta secara individual oleh kita semua. Manusia, termasuk kita, perlu menyadari pentingnya menjaga hutan dan keanekaragaman makhluk hidup yang ada di dalam demi hidup kita sendiri dan seluruh isi Bumi.

Kunci untuk menyelamatkan kekayaan alam Indonesia adalah dengan membuat masyarakat menyadari bahwa kepunahan berbagai spesies pada akhirnya akan membawa kepunahan bagi manusia juga.
Sumber : Buku keanekaragaman Makhluk Hidup X MM² SMK HMPTI BANJAR AGUNG, TULANG BAWANG.
Itulah tadi sedikit informasi untuk sahabat semua. Semoga artikel blog saya yang satu ini bisa dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi kita semua. Sudah kita sadari dari dahulu, kita harus menjaga lingkungan, melestarikan budaya bangsa kita, dan menjaga berbagai budaya bangsa Indonesia agar budaya kita tidak dicuri oleh negara tetangga sebelah. Kita adalah generasi mudah penerus bangsa kedepannya.
Sekian dan Terima Kasih.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



6 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger