Negara-Negara Mini di Dunia

Berikut ini ada beberapa negara yang dibilang mungil di dunia sob, yang rata-rata luasnya tidak sampai setengah kota Jakarta. Bahkan beberapa di bawah 1/3 Jakarta! kebayang gak sob? Bandingkan dengan luas Indonesia yang mencapai -+ 1919449 km2. Atau tidak usah jauh-jauh sob, bandingkan saja dengan Singapura, Negara paling mungil di Asia Tenggara, Negara yang rajin reklamasi untuk memperluas negaranya, memiliki luas sekitar 637 km2, sedikit di bawah Jakarta.
Berikut ini adalah Negara-Negara Mini di Dunia.
Vatican City
Vatican City
Vatican Citi adalah Negara terkecil di dunia, luasnya 0,44 km2 dengan penduduk sekitar 800 Orang, namun kebanyakan mereka bukanlah penduduk permanen. Negara kecil ini melindungi Basilika St Peter, yang merupakan pusat rohani bagi umat khatolik Roma di seluruh dunia (1 milyar lebih jiwa). Posisi Vatican sendiri berada dalam lingkungan Roma, Italia.

Monaco
Monaco
Monaco adalah negara terkecil berikutnya, letaknya di dekat Nice, Perancis, Negara Kota yang berbentuk kerajaan ini telah ada sejak abad ke-13, luasnya 1.95 km2, dan hanya memliliki penduduk 32.000 jiwa. Negara dengan bendera yang serupa dengan Indonesia dan hanya memiliki satu kotamadya. Tidak ada peradaban geografis antara negara dan kota monaco, meskipun tanggung jawab pemerintah dan dari kotamadya (tingkat kota) berbeda. menurut konstitusi dari 1911, kerajaan dibagi menjadi tiga kota, yaitu Monaco-Ville, Monte Carlo, dan La Condamine.


Nauru
Nauru
Nauru memiliki luas wilayah total 21 km2. Letaknya, di samudera Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis Khatulistiwa dan di sebelah selatan kepulauan marshall. Nauru dulunya dikenal dengan sebutan Pleasant Island, merupakan koloni kekaisaran Jerman sejak akhir abad ke 19. Baru pada 1968, Nauru mendeklarasikan diri sebagai negara mandiri berbentuk Republik. Penduduk Nauru pada sensus 2009 berjumlah 14.014 jiwa. Uniknya, negara ini tidak memiliki ibukota resmi, namun Yaren umumnya dianggap sebagai ikukota negara secara de facto karena sebagaian besar kantor pemerintahan pusat terletak di distrik ini.

Cocos (Keeling) Islands
Cocos (Keeling) Islands
Adalah sebuah wilayah luar negeri australia yang terdiri dari 2 atol dan 27 kepulauan coral. pulau ini terlihat di samudera Hindia. Pada tahun 2007, Estimasi penduduk pulau ini berjumlah 596 jiwa. Populasi penduduk terbagi dalam dua pulau antara bangsa Eropa di West Island yang kurang lebih berjumlah 120 jiwa dan Bangsa Melayu di home Island yang berjumlah -+ 500 jiwa. Bahasa utama kepulauan Cocos (Keeling) adalah bahasa melayu dan bahasa inggris dan 80% penduduknya memeluk agama Islam. Pulau ini dengan sengaja diduduki oleh Australia seperti bagaimana benua Australia diduduki Inggris, dimana penduduk aslinya menjadi terpinggirkan  dan tidak bisa hidup dengan layak di tanahnya sendiri. Penduduk asli di pulau ini adalah penduduk melayu (Indonesia dan Malaysia).

Chirstmas Island
Chirstmas Island
Adalah Negara mini yang satu ini terdiri dari 1 pulau saja. pulau ini terletak di dekat pulau jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa. Luasnya adalah 135 km2, dan beriklim tropis. Pulau Christmas yang merupakan wilayah dari Australia di samudera hindia terletak 2.600 KM (1.600 Mil) dari arah barat laut kota Perth, Australia Barat, 500 Km (310 Mil) dari arah selatan jakarta, Indonesia dan 975 Km (606 Mil) dari pulau Cocos (Keeling). Pulau ini terisolasi secara Geografis dan jauh dari jangkauan manusia hingga abad ke-19. Tidak mengherankan jika berbagai flora dan fauna endemik di pulau ini relatif tidak terganggu. Kondisi ini merupakan hal yang penting untuk para Ilmuwan dan naturalists.

Pitcairn Islands
Pitcairn Islands
Pitcairn Island Merupakan kumpulan dari lima pulau, di mana hanya Pulau Pitcairn yang dihuni, yang terletak di selatan Samudera Pasifik, satu-satunya koloni Inggris di Pasifik. Kepulauan ini terkenal terutama karena penghuni aslinya ialah para pembajak kapal HMAV Bounty, serta warga Tahiti yang turut dibawa para pembajak, seperti yang diceritakan di Novel Mutiny on The Bounty, yang menjadi tema beberapa film. Sejarah ini terlihat jelas melalui kebanyakan nama marga. Kepulauan ini juga merupakan negara (walaupun belum merdeka) dengan jumlah penduduk yang paling sedikit di dunia dengan sekitar 47 penghuni (9 keluarga).

Maldives
Merupakan Kepulauan Maldive atau Republik Maladeva mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1965, merupakan negara kecil di samudera Hindia yang terdiri dari rangkaian  26 atol seluas 90 km2. Negeri unik ini beribukota di Male dengan penduduk 103.693 jiwa (sensus 2006), sedangkan pulau-pulau lainnya yang berjumlah 1.192 pulau rata-rata dihuni 200-an orang. Keunikan lainnya adalah Maldives merupakan Negara yang berada di titik terendah juga tertinggi di atas permukaan air laut. Jadi, rata-rata pulau hanya 1,5 Meter di atas permukaan laut, ini merupakan Negara terendah didunia yang berada di permukaan laut.

Semoga Info diatas bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



Silahkan Berikan Komentar Anda, Terima Kasih

0 Respones to "Negara-Negara Mini di Dunia"

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger