berikut Fasilitas Internet


 _______________________________________________________________________________


Berbagai macam pelayanan atau fasilitas dapat diperoleh di Internet. Kita bisa mengakses informasi yang dibutuhkan, mengirim surat, berkomunikasi dengan teman, bahkan bisa membantu kita dalam pengiriman file – file, gambar, hingga film. Agar mendapatkan informasi di internet sesuai dengan keinginan kita dengan cepat dan mudah, maka kita harus dapat membedakan fungsi pelayanan yang ada di internet serta istilah – istilah yang digunakan dalam akses internet macam – macm fasilitas yang disediakan oleh internet antara lain sebagai berikut :
  1. WWW (World Wide Web)

     

    World Wide Web atau disingkat menjadi menjadi Web merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Kita dapat mengkases informasi-informasi melalui situs web berupa Teks, Gambar, Sound (Suara), Film maupun Multimedia.

     
  2. E-mail (Electronic Mail)

     

    E-mail merupakan fasilitas untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. Kita dapat mengirim atau menerima E-mail dari seluruh penjuru dunia.

     
  3. Milist (Mailing List)

     

    Milist merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas E-mail. Setiap E-mail yang dikirim ke alamat milist akan dikirimkan ke seleluruh alamat E-mail yang terdaftar sebagai anggota milist tersebut.

     
  4. FTP (File Transfer Protocol)

     

    FTP merupakan fasilitas untuk pengambilan data atau arsip dan file secara elektronik. Di internet telah tersedia fasilitas File (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.

     
  5. IRC (Internet Relay Chat)

     

    IRC merupakan salah satu fasilitas untuk berkomunikasi sesama pemakai internet yang sedang aktif (On-line).

     
  6. Telnet

     

    Telnet (remote login) merupakan aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog terpasang (Online Catalog) dari perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke Internet.

     
  7. Gopher

     

    Gopher merupakan salah satu sistem dimana pemakai dapat mengakses informasi di Komputer lain. Beda gopher dengan Web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya Teks.

     
  8. Newsgroup

     

    Newsgroup adalah fasilitas untuk berkomunikasi jarak jauh, dimana kita bisa memberikan pendapat dan tanggapan melalui forum di internet. Biasanya anggota forum Newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.

     
  9. E-commerce (Electronic Commerce)

     

    E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara Online atau Direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet di mana terdapat Website yang menyediakan layanan "get and deliver".

     
  10. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

     

    HTTP merupakan fasilitas berbasis dari WWW (World Wide Web), melalui fasilitas ini kita bisa mengakses informasi dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). Informasi ini dapat berupa Teks, Gambar, Sound (Suara), Animasi, Film, dan sebagainya.

     
  11. VOIP (Voice Over Internet Protocol)

     

    VOIP merupakan suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).

     

    Sekian dari informasi ini.
    Semoga bermanfaat untuk anda.
    Salam PuNaGah

Baca Juga Artikel Dibawah Ini!



1 komentar:

Silahkan Berkomentar. Dilarang Live Link. Tidak Memakai Verifikasi Kata. Berkomentarlah Dengan Sopan!.

Entri Populer

 
Copyright © 2012 - 2013 Putupunyablog | Powered by Blogger